Benteng Vastenburg Surakarta

0 103

Benteng Vastenburg Surakarta

Gladak, Surakarta  merupakan tempat lokasia dari benteng Vastenburg itu sendiri. Corak dan bentuk  dari tembok itu sendiri berupa bujur sangkar yang ujung-ujungnya terdapat penonjolan ruang yang disebut selekoh (bastion). Benteng ini di sekelilingnya tembok benteng terdapat parit yangyang memiliki fungsi  sebagai perlindungan dengan jembatan di pintu depan dan belakang. Wisata benteng yang satu ini tersebut  dibangun tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Merupakan sebagai bagian dari pengawasan Belanda terhadap penguasa Surakarta, yang pada waktu itu terhadap di  keraton Surakarta.

Pada bangunan ini memiliki berbagai bangunan yang terpisah dengan fungsi masing-masing dalam militer yang dihgunakan pada waktu itu.Apel juga biasanya dilakukan di tengah bagian dari benteng Vastenburg itu sendiri yang biasanya upacara di lakukan dengan kitmat dan lancar.

Pada waktu setelah hari kemerdekaan di kumandangkan benteng ini digunakan  dan berfungsi sebagai markas TNI dan digunakan untuk mempertahankan kemerdekaan.Tahun 1970-1980 bangunan ini digunakan sebagai tempat pelatihan keprajuritan dan pusat Brigade Infanteri 6/Trisakti Baladaya Kostrad untuk wilayah Karesidenan Surakarta dan sekitarnya.

Sehingga dalam benteng ini kental akan militer dan hawa khas dari negeri Belanda .Mulai dari corak bangunannya hingga benda-benda peninggalan yang ada di tempat wisata satu ini,jadi tidak heran bila banyak orang-orang dari daerah Solo dan daerah di sekitar Solo berkunjung untuk melihatnya.

Banyak di benteng ini juga berbagai foto-foto dan patung serta gambar yang menggambarkan situasi pada waktu itu ,banyak kekhasan yang ditonjolkan,mulai dari pakaian yang dikenakan pada waktu itu hingga senjata yang di gunakan mencirikan khas pada waktu dulu.

Source Benteng Vastenburg Surakarta Benteng Vastenburg Surakarta
Comments
Loading...