Benteng Toboali Bangka Selatan

0 133

Lokasi Benteng Toboali

Benteng Toboali terletak di Tj. Ketapang, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung 33783.

Benteng Toboali

Benteng Toboali yang dibangun pada tahun 1825 ini terletak sekitar 127 kilometer dari Kota Pangkalpinang. Benteng pertahanan masa penjajahan Belanda ini dahulu diperuntukkan melindungi pertambangan timah dari serangan yang berasal dari arah laut. Pada perkembangannya, bangunan ini pernah dikuasai Jepang antara tahun 1942 hingga 1945.

Kemudian, pada masa kemerdekaan, bangunan seluas 54×32 meter ini dipergunakan untuk Kantor Kepolisian Distrik Toboali, yang berganti nama menjadi Kepolisian Sektor (Polsek) Toboali pada tahun 1980-an, hingga akhirnya polsek tersebut dipindahkan ke luar benteng guna menjaga keaslian bangunan benteng. Jika mengamati bagian dalam benteng, tepatnya bagian kiri, pengunjung akan melihat tujuh ruangan yang berbentuk mirip sebuah kediaman atau kamar-kamar kecil. Dahulu kamar-kamar tersebut digunakan sebagai gudang, barak prajurit, ruang administrasi keuangan, ruang penjagaan, serta dapur dan tempat menyimpan makanan bagi inspektur benteng dan prajurit-prajurit Belanda.

Tepat di bagian tengah benteng, terdapat meja dan kursi-kursi yang terbuat dari bahan batu yang konon dijadikan sebagai tempat berkumpul prajurit serta bertemu saat menyantap makanan. Sejarah mencatat, Benteng Toboali mempunyai peran penting sebagai sarana kolonialisme dalam mempertahankan kepentingannya di daerah Bangka Selatan. Antara satu bangunan dengan bangunan lain mempunyai konteks baik secara fungsi maupun secara sistem pembagian wilayah.

Source Benteng Toboali Bangka Selatan Bangka Belitung
Comments
Loading...