Benteng Putri Hijau (Benteng Kerajaan Aru)

0 56

Benteng Putri Hijau (Benteng Kerajaan Aru)

Terletak di Desa Deli Tua, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, merupakan peninggalan Kerajaan Aru. Benteng tersebut melingkupi areal berukuran ± 732 x 250 meter atau memiliki luas sekitar 17 ha. Batas-batas Benteng Putri Hijau adalah sebagai berikut : di sebelah utara berbatasan dengan pemukiman penduduk yang menempati areal di luar maupun di dalam benteng.

Sebelah barat sebagian merupakan areal yang berbatasan dengan tebing curam, terutama yang terletak di sisi sebelah baratlaut. Sebagian lagi berbatasan dengan areal landai yang saat ini dimanfaatkan sebagai perladangan. Demikian juga dengan sisi selatan berbatasan dengan perladangan penduduk, sedangkan di sebelah timur benteng tanah menghadap langsung ke jurang, di mana terdapat hulu aliran Sungai Deli yang disebut Sungai Petani (Lau Tani).

Di luar benteng tanah terdapat parit-parit buatan yang mengelilingi. Benteng tanah, maupun parit buatan berukuran lebar mencapai 4 meter, bahkan lebih. kedalaman parit mencapai lebih dari 2 meter. Adapun bangunan benteng tanah di beberapa tempat, berukuran tinggi mencapai hingga 6-7 meter.

Pintu masuk utama benteng pada masa lalu diperkirakan terletak di sebelah timur, tepat di sebelah pemandian Putri Hijau (Pancuran Gading). Bagian pintu masuk benteng merupakan dinding tebing yang dilandaikan. Di samping kiri-kanan pintu masuk tersebut terdapat dinding tanah berukuran cukup tinggi.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2018/03/wisata-sejarah-di-kabupaten-deli-serdang-sumatera-utara/
Comments
Loading...