Benteng Prince Hendrik (Hotel Top View) Tanjungpinang

0 33

Benteng Prince Hendrik

Benteng ini diresmikan tahun 1825 dengan nama Prins Hendrik Fort dan dipergunakan untuk pertahanan Belanda di Tanjungpinang. Saat ini benteng tersebut dikuasakan kepada TNI AL dan difungikan sebagai hotel (Top View Hotel) sejak tahun 1992. Sebagian kecil dari benteng ini dipakai untuk RSAL. Secara arkeologis, benteng ini terbuat dari batu dan masih menyisakan bagian bastion pada sisi barat daya dan barat laut. Selain itu, terdapat pagar keliling dengan motif hias floral dan bangunan yang berbentuk setengah lingkaran yang saat ini menjadi pintu masuk hotel.

Bangunan benteng terbuat dari batu masih menyisakan bagian bastion pada sisi barat daya dan barat laut, di atas bangunan batu yang membentuk benteng terdapat pagar keliling, pada pagar tersebut terdapat motif hias floral. Terdapat bagian bangunan berbentuk setengah lingkaran (saat ini menjadi pintu masuk hotel). Pada bagian dalam benteng terdapat dua bangunan memanjang arah timur-barat, dahulu bangunan ini merupakan asrama tentara, saat ini menjadi kamar-kamar hotel. Di atas bastion yang tersisa terdapat bangunan dan mungkin dahulu digunakan sebagai tempat pengintai. Selain bangunan-bangunan tersebut, ditemukan pula ruangan yang berada di bawah bastion, pada ruangan tersebut terdapat lorong, menurut informasi lorong tersebut sampai ke Pulau Penyengat.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Provinsi-Kepulauan-Riau.pdf
Comments
Loading...