Benteng Pertahanan Desa Fotilo, dan Makam Masal Desa Fotilo

0 31

Benteng Pertahanan Desa Fotilo, dan Makam Masal Desa Fotilo

Secara Administrasi Situs ini berada di Desa Fotilo, Kecamatan Amanatun Utara, Kabupaten TTS, Provinsi NTT. Secara Geografis Situs ini berada di titik Koordinat Benteng : 51 L 0685634, 8923204 UTM. dan kuburan masal berada pada titik Koordinat 51 L 0685477, 8923347 UTM. stus ini berada di ketinggian 262 Meter Dpl. Situs ini memiliki batas-batas, Utara : Kampung Adat, Timur : Jalan Desa, Selatan : Sungai, Barat : Pemukiman. jenis situs adalah Benteng pertahanan dan kuburan masal. pemilik sittus adalah masyarakat adat, dan Bapak Hendrik Tafuli sebagai pengelola situs sekaligus juru pelihara situs.

Deskripsi Situs : Benteng ini didirikan diatas gundukan tanah (bukit kecil) di sisi Selatan kampong adat. bahan yang digunakan adalah batu-batu alam (kars/kapur) yang disusun meninggi. saat ini sudah mengalami perbaikan dan menggunakan bahan perekat semen untuk memperkuat struktur tersebut. tinggi benteng saat ini sudah tidak sama dengan tinggi aslinya dikarenakan sebagian dari batu-batunya dimanfaatkan untuk pembangunan Sekolah Dasar yang berada di dekat benteng. ukuran benteng saat ini adalah, Tinggi : 90 cm, Tebal : 30 cm, Panjang 16 meter, Lebar 7,30 meter. Fungsi asli benteng ini merupakan benteng pertahanan yang di buat oleh Sekitafuli pada saat melawan Belanda pada tahun 1907 masehi.

Tidak jauh dari pemukiman dan benteng dibuat monumen penghormatan terhadap keluarga Sekitafuli yang dibunuh oleh Belanda pada tahun 1907. monumen ini dibuat dengan bahan batu andesit yang di tata menumpuk berbentuk lingkaran dengan ukuran, Tinggi : 35 cm, Diameter lingkaran : 355 cm. Saat ini areal disekitar dimanfaatkan sebagai tempat penguburan oleh masyarakat desa.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/inventarisasi-dan-pendokumentasian-objek-yang-diduga-cagar-budaya-di-kabupaten-timor-tengah-selatan-nusa-tenggara-timur/
Comments
Loading...