Benteng Oranje Maluku Utara

0 66

Lokasi Benteng Oranje

Benteng Oranje terletak di Jl. Hasan Boesoeri, Gamalama, Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara.

Benteng Oranje

Benteng ini merupakan benteng peninggalan pada masa kolonial belanda pertama yang ada di Nusantara, di bangun pada tahun 1607 di Ternate, Maluku Utara oleh Gubernur Jendral Belanda Matelief De Jonge.

Benteng ini merupakan peniggalan benteng tua yang di bangun oleh Melayu yang di beri nama Benteng Malayo. Sekilas mengenai sejarah Benteng Orange dulunya pernah menjadi pusat pemerintahan tertinggi Hindia Belanda, yang di pimpin oleh Gubernur Jendral VOC Pieter Both, Laurenz Real, Herarld Reyist dan J.C Coum.

Benteng ini terletak di pusat kota Ternate dengan kondisi fisik bangunan yang masih berdiri kokoh sampai saat ini. Pada tahun 1822 benteng ini juga pernah menjadi tempat pengasingan Sultan Badarudin II dari Palembang. Sehingga pada tahun 1852 Sultan Badarudin II meninggal dan dimakamkan di kecamatan Santiong. Benteng ini sangat berperan penting dengan di dukung letaknya di lokasi strategis, sehingga pada zaman dahulu terkenal dengan kemampuannya untuk menghadang musuh baik dari laut maupun darat.

Keberadaan Benteng Oranje saat ini mulai di tata oleh Pemerintah Kota setempat sebagai salah satu obyek wisata sejarah di Kota Ternate. Bangunan ini di bangun menggunakan kombinasi batu karang, batu kali dan pecahan kaca, jadi tampak menarik, hingga kini pun sisa-sisa kemegahan benteng tersebut masih nampak.

Menariknya, jika Sahabat Sporto melihat ke dalam Benteng Oranje. Maka, anda bisa melihat bekas kediaman gubernur Belanda pada saat itu. Namun fungsinya kini telah berubah dan di alih fungsikan menjadi Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Ternate. Tak hanya itu, anda bisa melihat keindahan sekitar benteng yang nampak sangat memukau.

Struktur sejarah yang kental pun masih terasa di wilayah benteng. Di pelataran depan benteng di bangun taman yang baru rampung pengerjaannya pada Maret 2015 lalu. Taman yang di lengkapi dengan air mancur, lampu hias, serta papan nama benteng berukuran besar berwarna jingga, tentu menambah daya tarik kawasan itu.

Source https://sportourism.id/ https://sportourism.id/tourism/sejarah-benteng-oranje-bangunan-peninggalan-belanda-di-maluku-utara
Comments
Loading...