Benteng Mata Oleo Sulawesi Tenggara

0 84

Benteng Mata Oleo

Benteng Mata Oleo terletak di Desa Wasalabose, lokasi dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat dengan berkendara ± 1km ke arah timurBenteng Lipu, sampai dipertigaan kompleks olahraga belok kearah kiri ± 150 m. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah timur sejauh ± 50 m dengan melewati kebun mete masyarakat.

Benteng Mata Oleo berbatasan dengan jalan/kebun mete disebelah barat, sebelah utara kebun penduduk, sebelah barat dan selatan belukar. Vegetasi yang tumbuh didalam benteng antara lain pohon mete, pohon mangga, pohon biti, pohon pisang dan belukar. Benteng berada di titik 04º 47’ 07,8” LS dan 123º 11’ 17,9” BTpada ketinggian 58 m diatas permukaan laut.

Benteng dibangun dikontur tanah yang cukup rata.Struktur dinding benteng dibuat dari batu karst yang disusun tanpa perekat dengan ketebalan struktur dinding antara 20 cm – 70 cm dan tinggi 110 cm. Panjang struktur dinding benteng 485 m dengan dua lawa yang masing-masing menghadap kearah timur dan barat.

Tidak ditemukan bastion pada struktur dinding benteng. Kondisi terkini benteng tidak terawat, sekelililing dinding benteng dipenuhi belukar. Begitupun didalam benteng, dipenuhi belukar dan pohon mete masyarakat. Bagian cukup bersih terdapat ditengah benteng dimana terdapat sumur tua yang sesekali masih digunakan oleh masyarakat sekitar.

Dulunya, benteng ini menjadi pemukiman masyarakat, namun pada tahun 1950 berangsur-angsur ditinggalkan karena kekhawatiran pada ancaman gerombolan DI/TII pimpinan Kahar Muzakar. Benteng Mata Oleo dibangun mengelilingi perkampungan masyarakat kala itu oleh Sangia Nciy dengan tujuan mendukung keberadaan Benteng Lipu umtuk menahan serangan musuh dari arah timur.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/445/
Comments
Loading...