Benteng Madang Kalimantan Selatan

0 148

Lokasi Benteng Madang

Benteng Madang terletak di Madang, Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan 71281.

Benteng Madang

Di Padang Batung sebelah utara anda akan bertemu dengan sebuah desa yang bernama Madang dengan dataran cukup tinggi menyerupai sebuah gunung. Dataran tinggi tersebut kemudian ditata dan dibuat oleh Tumenggung Antaluddin atas permintaan dari Pangeran Hidayatullah dan Demang Lehman kemudian dijadikan benteng pertahanan pasukan Pangeran Hidayatullah dan Demang Lehman dalam menghadapi serangan serdadu Belanda.

Tercatat ada lima kali serangan yang dilakukan oleh serdadu belanda dan semuanya dapat dikalahkan oleh pasukan Pangeran Hadayatullah dan Demang Lehman. Serangan-serangan serdadu Belanda dilakukan pada tanggal 3, 4, 13, 18 dan 22 September 1860. Pada serangan yang keempat tanggal 18 September 1860, pasukan infantry serdadu bgelanda yang dipimpin oleh Kapten Koch dihajar habis-habisan oleh pasukan Pangeran Hidayatullah dan Demang lehman, sehingga banyak serdadu Belanda yang tewas termasuk Kapten Koch.

Saat ini Benteng Madang telah ditata dan direnovasi oleh Pemerintah daerah Hulu Sungai Selatan dengan anak tangga lebih dari 400 buah dan dapat dituju dengan menggunakan mobil dengan jarak ± 8 Km dari Kota Kandangan.

Benteng ini menjadi saksi sejarah perlawanan rakyat Banjar dalam menghadapi penjajah di tanah kelahiran mereka sendiri. Tiba di pintu gerbang Benteng Madang Anda disuguhi dengan banyak anak tangga. Untuk mencapai puncaknya, Anda harus menapaki sekitar 400 anak tangga. Uniknya, benteng ini dikelilingi dinding pertahanan dari kayu. Masyarakat sekitar menyebutnya Benteng Kayu Madang dan masih terawat hingga kini.

Benteng Madang di bangun di atas Gunung Madang yang merupakan bagian dari Pegunungan Meratus sehingga dapat melihat area di sekitarnya, dengan luas wilayah sekitar 400m2 benteng ini di kelilingi oleh semak belukar yang sangat padat sehingga sekilas Anda tidak akan tahu kalau terdapat benteng di daerah ini. Di atas benteng ini Anda bisa melihat pemandangan Kota Kandangan.

Source https://ksmtour.com/ https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kalimantan-selatan/benteng-madang-tempat-pertahanan-melawan.html
Comments
Loading...