Benteng Lekuk Pulau Mepar Kab. Lingga

0 23

Benteng Lekuk Pulau Mepar

Benteng di Pulau Mepar merupakan benteng pertahanan yang paling terdepan untuk memasuki Istana Daik. Benteng terletak di atas bukit dan petugas yang mengawasi benteng tersebut dari keturunan Datuk Kaya yang cikal bakalnya dari keturunan Megat Merah. Benteng ini berada di atas bukit Pulau Mepar, terbuat dari gundukan batu bauksit dan menghadap ke utara, timur, dan selatan mengelilingi Laut Lingga. Benteng ini berbentuk segi empat berukuran 21,40 m x 17 m dengan bastion14 di kempat sisinya yang membentuk segi tiga. Bagian tengah benteng dibuat lebih cekung sedalam 1,5 m, di bagian terluar cekungan tersebut dibuat seperti tanggul untuk berjalan selebar 1 m.

Pada sisi barat dan selatan benteng ini terdapat parit berukuran lebar 330 cm dan tinggi 300 cm. Pada sisi barat terdapat 7 buah meriam {insitu} dipindahkan dari perkampungan/depan kantor desa dan dekat mesjid dengan posisi 3 buah menghadap utara dan 4 buah menghadap selatan. sedangkan pada sisi timur dan utara tidak terdapat parit karena merupakan tebing. Pintu masuk berada di sisi barat baya dengan lebar 3,3 m. Untuk mempermudah akses jalan masuk dari arah Kelurahan Mepar, pada tahun 2010 dibuat jalan selebar 1 m yang terbuat dari coran semen bagian sisi timur laut. Pada sisi barat benteng terdapat gazebo sebagai tempat beristirahat para pengunjung yang terbuat dari kayu, gazebo ini dibuat pada tahun 2008.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Lingga.pdf
Comments
Loading...