Benteng Kota Seribu Bangka Belitung

0 147

Lokasi Benteng Kota Seribu

Benteng Kota Seribu terletak di Kampung Jiran Siantan, Mentok, Bangka Belitung.

Benteng Kota Seribu

Benteng ini dibangun pada masa Encek Wan Akub atas perintah Sultan Palembang Mahmud Badaruddin Jayawikrama (±1721-1756). Pada masa lalu, benteng ini dilengkapi dengan persenjataan berupa meriam centum dan lila untuk menjaga keamanan dari kerusuhan-kerusuhan baik yang ditimbulkan oleh orang-orang Cina, Siam, Kamboja yang menjadi kuli pertambangan timah, juga untuk mengamankan bijih-bijih timah dari perampokan dan pencurian yang dilakukan oleh para bajak laut atau kepala-kepala yang berkuasa tapi tidak jujur.

Gambar terkait

Mengingat pentingnya Benteng Kota Seribu bagi pertahanan negeri Mentok, sementara kondisi benteng sudah tua dan usang, maka Abang Pahang – Temenggung Dita Menggala yang kala itu menjadi kepala Negeri yang berkuasa penuh untuk seluruh pulau Bangka, memohon kepada Sri Sultan Ahmad Najamuddin agar benteng negeri Mentok diperbaiki dengan alasan bahwa Yang Dipertuan Raja Aji dari tanah Johor hendak menyerang Kesultanan Palembang dengan sasaran awalnya negeri Mentok, untuk kemudian hendak menjadikan seluruh Pulau Bangka sebagai pangkalan mereka.

Mempertimbangkan alasan itu, Sri Sultan Ahmad Najamuddin Adikesuma (±1756-1776) menghibahkan uang sebanyak 1.000 (seribu) ringgit dan beras 1.000 (seribu) pikul, guna keperluan biaya perbaikan benteng. Perbaikan benteng dimulai sekitar tahun 1760, yang kemudian diberi nama Benteng Kota Seribu sesuai dengan jumlah bantuan yang diberikan Susuhunan yaitu seribu ringgit dan seribu pikul beras.

Source Benteng Kota Seribu Bangka Belitung Bangka Belitung
Comments
Loading...