Benteng Kota Muna

0 26

Benteng Kota Muna

Pembangunan Benteng Kota Muna adalah rencana awal Sugi Manuru atau La Manuru (Raja ke-6) sebagai strategi pertahanan yaitu memelihara keamanan, ketertiban dan menjaga kewibawaan Kerajaan Muna. Benteng ini dibuat dari batu-batu besar dan bahan perekat. Sengaja dibuat diantara dua tebing guna mengurangi resiko korban pasukan sendiri. Bila pasukan musuh bisa meloloskan diri dan mampu memanjat tebing curam, bukan berarti mereka langsung dapat masuk ke pusat kerajaan tetapi justru masuk dalam jebakan berikutnya.

Benteng Kota Muna terletak di Desa Wuna Kecamatan Tongkuno. Panjang benteng kurang lebih 8 kilometer mengelilingi Kota Muna, tinggi rata-rata 4 meter dan tebal dinding benteng (diameter) kurang lebih 1 sampai 3 meter.

Benteng ini disebut Benteng Sugi Manuru karena Beliau yang meletakkan batu pertama, sekalipun benteng baru dibangun saat pemerintahan La Posasu (Raja ke-8). Namun kondisi Benteng Kota Muna sudah tidak utuh seperti saat pertama kali dibangun. Batuan-batuan besar yang membentuk benteng sudah mulai runtuh atau berjatuhan.

Source https://www.dinelyku.com https://www.dinelyku.com/2018/12/kumpulan-peninggalan-sejarah-di.html
Comments
Loading...