Benteng Kombeli Sulawesi Tenggara

0 81

Lokasi Benteng Kombeli

Benteng Kombeli terletak di Kelurahan Kombeli, Kecamatan Pasar Wajo, Sulawesi Tenggara.

Benteng Kombeli

Benteng Kombeli atau sering juga disebut oleh masyarakat sebagai Benteng Liwu. Letak benteng di lereng gunung berbentuk melingkar terbuat dari batu karang.Dinding-dindingnya diperkirakan berbentuk melingkar dengan mengikuti kontur tanahberukuran tinggi 1 meter, namun sebagian dari bentuk keseluruhan sulit diamati karena bangunan benteng dibelah oleh suatu jurang yang cukup dalam.

Dari keseluruhan bentuk yang diamati itu, terdapat 3 pintu masing-masing terletak di sisi selatan, barat dan timur.Kemungkinan juga terdapat satu pintu di sisi utara sebagaimana umumnya bentuk benteng di Buton, namun ketika dilakukan survei, pintu sisi utara tidak ditemukan (atau mungkin sudah roboh dan batu-batu penyusunnya terpendam dalam tanah). Pintu selatan berukuran tinggi 150 cm dan lebar 125 cm. Pintu barat berukuran lebar 180 cm, tinggi 140 cm, dan tebal 110-140 cm.

Dalam bangunan benteng terdapat sebaran bangunan makam kuno yaitu makam parabela (makam ketua-ketua adat) dengan berbagai bentuk makam dan nisan. Namun sebagian makam-makam itu telah dipugar oleh kerabat dengan membangun tembok semen di atas makam. Namun demikian juga terdapat makam yang memiliki bentuk persegi panjang terbuat dari susunan batu karang tanpa nisan. Nisan yang ada juga bervariasi, bahkan ada nisan yang dibuat dari batu karang dan dibentuk menyerupai kepala manusia namun kelihatannya bentuk seperti itu lebih kemudian, karena pembuatannya sudah memakai bahan semen.

Source http://www.arkeologi-sulawesi.com//index.php http://www.arkeologi-sulawesi.com//berita-109/benteng-kombeli.html
Comments
Loading...