Benteng Gunung Gadung Di Pasirlaja

0 107

Lokasi Benteng Gunung Gadung

Benteng Gunung Gadung ini berada di Desa Sukajaya, Pasirlaja, Kecamatan Sumedang Selatan, Jawa Barat.

Benteng Gunung Gadung

Benteng Gunung Gadung di Pasirlaja, sama dengan peninggalan Belanda lainnya di Semedang, benteng atau instalasi militer pasirlaja ini dibangun pada masa Perang Dunia I, atau kira-kira dibangun pada sekitaran tahun 1918-an. Berbeda dengan benteng di Pasirkolecer yang terdiri dari dua bangunan, benteng gunung gadung di Pasirlaja ini terdiri dari tiga buah bangunan yang saling berdekatan.

Ketiga bangunan benteng peninggalan Belanda ini berderet atau berjajar dalam posisi menurun dan untuk mulai memasukinya tidak ada tanda khusus seperti pagar, pintu masuk atau lainnya. Benteng pertama bangunanya berada di paling atas berbentuk satu benteng tunggal dengan satu pintu, kontruksi beton bertulang yang dilengkapi dengan anak tangga menuju le pintunya ini masih tetap kokoh berdiri sampai saat ini walau dindingnya tampak mulai menghitam dan berlumut termakan usia.

Benteng yang kedua ini bentuknya sama persis dengan salah satu benteng di Pasirkolecer, hanya bedanya ada sebuah titian anak tangga untuk menuju bafian atas benteng. Melihat posisinya, benteng yang ketiga ini tepat berada dibawah benteng yang kedua tapi karena sebagian bangunan dari benteng ini telah tertimbun tanah. Sangat disayangkan kabarnya karena benteng ketiga ini tertimbun tanah kurang lebuh 1,5 meter tingginya sehingga yang terlihat hanya bagian atasnya saja. Sebuah pintu yang terdapat di benteng ketiga inipun jadi hanya tampak seperti sebuah jendela berukuran kecil.

Benteng ini memiliki beberapa fungsi bagi militer Belanda di masa lampau, selain untuk tempat peristirahatan para perwira, ketiga benteng ini juga dijadikan penyimpanan senjata, dan karena berada diketinggian benteng ini juga berfungsi sebagai benteng pengintaian.

Source Benteng Gunung Gadung Di Pasirlaja Jawa Barat
Comments
Loading...