Benteng Gunung Gadung Di Pasirkolecer Sumedang

0 137

Lokasi Benteng Gunung Gadung

Benteng Gunung Gadung ini berada di Desa Sukajaya, Pasirkolecer, Kecamatan Sumedang Selatan, Jawa Barat.

Benteng Gunung Gadung

Benteng Gunung Gadung di Pasirkolecer, merupakan benteng peningggalan Belanda pada masa Perang Dunia I, terdiri dari dua buah bangunan yang terpisah beberapa meter jaraknya. Benteng ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari pusat kota Sumedang, jaraknya kira-kira sekitar 1 sampai 2 kilometer dari pusat kota, namun jarang yang mengetahui keberadaan benteng ini, karena walau sudah dukelola nampaknya benteng ini belum tersosialisasikan dengan baik.

Benteng Gunung Gadung di Pasirkolecer ini terdiri dari dua buah bangunan. Benteng yang pertama ini berupa benteng tunggal dengan satu pintu, yang menurut warga benteng ini berfungsi sebagai tempat istirahat para Perwira Belanda dan tempat penyimpanan senjata. Ukuran bentengnya cukup besar layaknya sebuah instalasi militer.

Benteng yang kedua ukuranya jauh lebih besar lagi, dilengkapi dengan satu pintu dan satu lubang menganga yang berfungsi entah untuk apa, benteng kedua ini selain lebih besar bentuknya juga melingkar, bentuknya yang melingkar ini sepertinya berfungsi untuk perlindungan atau pertahanan. Benteng ini juga dilengkapi dengan cerobong asap.

Akses Menuju Benteng Gunung Gadung

Untuk menuju Benteng Gunung Gadung ini dari arah alun-alun Sumedang atau dari Masjid Agung Sumedang, cukup menuju arah jalan Cut Nyak Dien lurus kemudian belok ke arah tempat wisata Kampung Toga sampai memasuki Desa Sukajaya, jalan yang lurus menanjak menuju Benteng Gunung Gadung ini memungkinkan kita melihat kota Sumedang dari atas.

Source Benteng Gunung Gadung Di Pasirkolecer Sumedang` Jawa Barat
Comments
Loading...