Benteng Gedong Dalapan Bandung

0 242

Lokasi Benteng Gedong Dalapan

Benteng Gedong Dalapan terletak di Kampung Gagak RT 02/03, Desa Karang Anyar, Kecamatan Cililin, lebih tepatnya di atas perbukitan Pasir Gagak, Kabupaten Bandung Barat.

Benteng Gedong Dalapan

Benteng atau Bunker Gedong Dalapan ini berdiri kokoh diatas lahan seluas 20 hektar milik TNI dengan ditutupi tanah sebagai kamuflase dari pergerakan musuh. Benteng Gedong Dalapan ini dibangun pertama kali oleh bangsa Belanda sekitar tahun 1912 dan selesai pada tahun 1918, dengan memperkerjakan penduduk setempat di bawah pimpinan Tuan Bengkok (orang Belanda) dan Tuan Jackson. Adapun tujuan dibangunnya Benteng Gedong Dalapan ini adalah untuk dijadikan sebagai benteng pertahanan, tempat persembunyian, pentimpanan persenjataan dan tempat mengeksekusi musuh.

Bangunan bersejarah ini diberi nama Benteng Gedong Dalapan karena di dalam kawasan benteng terdapat empat bangunan utama, satu bangunan utama terdapat dibagian depan memanjang dari selatan ke utara menghadap ke arah timur dengan memiliki delapan ruangan yang memiliki delapan pintu dan 16 jendela. Setiap ruangan berukuran 2,5 m x 3 m persegi, masing-masing ruangan dihubungkan oleh sebuah pintu didalamnya.

Sementara ketiga bangunan lainnya berada tepat di bagian belakang bangunan utama membentuk setengah lingkaran mengelilingi bangunan utama, tetapi bentuknya sudah tidak utuh lagi. Selain itu terdapat pula sebuah bangunan gerbang utama yang cukup megah dengan panjang sekitar 10 meter.

Situs bersejarah ini sempat diduduki oleh tentara Jepang selama 3,5 tahun saat penjajah Belanda berhasil dihalau mundur oleh pejuang Indonesia. Bahkan pada saat itu sempat terjadi peperangan antara Jepang dan sekutu untuk memperebutkan benteng tersebut. Setelah penjajah Jepang kalah, Benteng Gedong Dalapan dihancurkan oleh tentara Indonesia dengan tujuan supaya tidak direbut dan diduduki kembali oleh para penjajah.

Source http://www.kodesjabar.com/ http://www.kodesjabar.com/2017/07/wisata-sejarah-benteng-gedong-dalapan.html
Comments
Loading...