Benteng Ferangi Maluku

0 111

Lokasi Benteng Ferangi

Benteng Ferangi terletak di Ambon, Maluku.

Benteng Ferangi

Benteng Ferangi Ambon, benteng ini di bangun pada tahun 1575 pada masa penjajahan oleh Bangsa Portugis. Adapun nama lain dari Benteng Ferangi yaitu Benteng Victoria atau Benteng Kota Laha. Pada kala itu bangsa Portugis membangun Benteng Ferangi digunakan sebagai pusat pemerintahan.

Benteng Ferangi Ambon merupakan salah satu penyebab terbentuknya kota Ambon. Pada saat benteng ini ditinggalkan oleh bangsa Portugis dan Belanda, secara bertahap masyarakat setempat sudah mulai menempati sekeliling benteng ini dengan secara berkelompok. Dari kelompok – kelompok masyarakat yang tinggal di area benteng ini, mereka memberikan nama dari masing – masinng kelompoknya dengan nama yang berbeda beda. Adapun nama – nama kelompok tersebut antara lain, Hative, Soa Kilang, Soa Ema, Urimessing, dan lain – lain.

Dari kelompok – kelompok masyarakat tersebutlah yang akhirnya yang mereka berkembang dengan “Ginekologis Teritorial” teratur. Hingga pada tahun 1575 dijadikan sebagai tahun lahirnya Kota Ambon. Dan pada tahun 1921 masyarakat Ambon telah diberi persamaan hak oleh pihak kolonial. Dari situlah masyarakat Ambon mulai berkecimpung didunia politik. Dan pada masah itu pula masyarakat Ambon sudah mulai mendominasi di bidang politik di pemerintahan karna pada masa itu terjadi kelegangan politik kolonial. Dan berawal dari peristiwa tersebut, ditetapkan lah  tanggal kelahiran Kota Ambon yaitu tanggal 7 september.

Source https://www.vebma.com https://www.vebma.com/wisata/Benteng-Ferangi-Wisata-Bersejarah-Di-Ambon/4649
Comments
Loading...