Benteng Bukit Kursi

0 21

Benteng Bukit Kursi

Benteng Bukit Kursi seluas 7.081,66 m² dibangun di atas bukit dalam bentuk parit-parit. Fungsinya untuk menghindari serangan musuh yang datang dalam jumlah besar, serta memiliki persenjataan yang lengkap. Parit-parit tersebut juga berfungsi sebagai jalur untuk menyuplai bubuk mesiu.

Benteng Bukit Kursi merupakan bagian dari sistem pertahanan Pulau Penyengat. Benteng ini berdenah segi empat dengan dinding benteng yang terbuat dari susunan bata dengan tinggi rata-rata 1,70m. Panjang setiap sisi benteng berbeda-beda. Rata-rata berukuran panjang 75 m pada dinding utara dan selatan. Dinding timur dan barat memiliki lebar 94 m.

Benteng Bukit Kursi telah ditetapkan menjadi Cagar Budaya melalui Surat Keputusan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor KM.14/PW.007/2004 yang kemudian diperbarui dengan Nomor 27/BCB-TB/C/01/2007 dan 34/BCB-TB/KEPRI. Kini Situs Benteng Bukit Kursi berada di bawah pengelolaan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/benteng-bukit-kursi-dibangun-bentuk-parit/
Comments
Loading...