Benteng Bersejarah Di Pantai Barus Memprihatinkan

0 77

Benteng Bersejarah Di Pantai Barus Memprihatinkan

Bangunan tua peninggalan bangsa Portugis dan Belanda terdapat cukup banyak di daerah Sumatera Utara. Salah satu terdapat di kota Barus, Tapanuli Tengah. Kota Barus yang terletak di Pantai Barat Sumatera memiliki sumber kekayaan alam yang cukup banyak. Di pantai Barus dulunya adalah pelabuhan tua tempat persinggahan kapal-kapal asing berlabuh mencari kapur barus.

Benteng Portugis persis berada di tepi pantai Barus adalah bagunan tua peninggalan bangsa Portugis yang pernah singgah di Tapanuli Tengah. Benteng yang luasnya lebih kurang setengah dari lapangan sepak bola tampa tidak dirawat. Dulu ada rumah tua dibangun didalam benteng yang kini hanya tinggal pondasi saja. Bangunan yang terbuat dari cor semen dan batu kerikil sebagian sudah terkikis.

Seandainya situs bersejarah benteng peninggalan orang asing yang pernah berlabuh di pantai Barus lebih ditata rapi dan dirawat akan tidak mungkin tempat seperti ini akan menjadi tujuan wisatawan yang hendak berlibur menikmati indahnya pantai Barus sekaligus mendapat pelajaran tentang sejarah ratusan tahun lalu.

Tempat ini juga adalah tujuan utama dari Yetty Aritonang yang melihat langsung tentang situs bersejarah tetang asal mula orang asing masuk ke tanah Batak, berdagang serta menyebarkan budaya eropa ke tanah Batak. Berbeda dengan di negara lain seperti di Eropa, situs sejarah dirawat dan tata rapi keaslian sehingga menjadikan suatu daerah menjadi tempat istimewa bagi para wisatawan yang berkunjung, tutur Yetty Aritonang sedikit kecewa dengan situasi tersebut.

Source http://www.gobatak.com http://www.gobatak.com/benteng-bersejarah-di-pantai-barus-memprihatinkan/
Comments
Loading...