Benteng Belanda Padang Pariaman

0 98

Lokasi Benteng Belanda

Benteng Belanda terletak di Pauh Kambar, Nan Sabaris, Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Benteng Belanda

Menurut masyarakat setempat bangunan ini dahulunya mungkin digunakan sebagai pos penjagaan bagi tentara Belanda. Saat sekarang bangunan benteng sudah hilang/musnah dan diatasnya berdiri bangunan baru.

Bangunan ini berbentuk rumah kecil dengan 2 buah cerobong, seperti cerobong asap namun salah satu cerobong sudah patah, sehingga tinggal satu yang nampak dibagian depan. Menurut masyarakat se-tempat bangunan ini dahulunya mungkin digunakan sebagai pos penjagaan bagi tentara Belanda, sebab pada bangunan ini terdapat loteng pengintai dan dibagian dalam terdapat ruangan .

Bangunan ini dilihat dari depan berbentuk arsitektur bangunan gereja, ukuran bangunan dari depan lebar 2 m, tinggi sisi kiri dan kanan 1,30 m, tinggi cerobong 2,50. Pada sisi timur dan selatan bangunan ini terdapat dua lobang berbentuk jendela panjang 0,75 m dan tinggi 0,74 m. Lobang ini pada bagian atasnya bermotif lengkung sebagaimana umumnya bentuk pintu arsitektur Belanda.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/09/29/benteng-belanda-pauh-kamba-padang-pariaman/
Comments
Loading...