Bendungan Waduk Sermo Yogyakarta

0 22

Bendungan Waduk Sermo

Bendungan Waduk Sermo adalah sebuah bangunan raksasa yang menahan aliran Sungai Ngrancah. Menghabiskan dana lebih dari 22 Miliar, kawasan Waduk Sermo selesai dibangun selama hampir 3 tahun, dan kemudian diresmikan pada akhir tahun 1996 oleh Presiden Soeharto. Seperti banyak disebutkan di berbagai sumber sejarah, masa pemerintahan Presiden Soeharto banyak berfokus pada pembangunan agraria. Jadi, tak jauh-jauh dari misi melimpahnya sumber pangan, Bendungan Waduk Sermo dibangun pada masanya untuk tujuan irigasi sawah pertanian di sekitarnya. Hingga kini, air yang dibendung oleh bangunan raksasa ini masih melimpah, bahkan menjadi sumber air bersih bagi kelangsungan hidup warga Kulon Progo dan Wates.

Waduk seluas lebih dari 150 hektar ini dulunya adalah pemukiman warga biasa. Ratusan keluarga ditransmigrasikan ke Riau dan Bengkulu demi membangun Waduk Sermo. Kini, seluruh kawasan pemukiman telah berupa menjadi air yang terkumpul sebanyak lebih dari 20 juta meter kubik. Dikelilingi oleh hutan yang masih terjaga serta minimnya sedimentasi, kualitas air yang dibendung di Waduk Sermo diklaim yang paling baik. Dolaners bisa lihat sendiri betapa beningnya air waduk ini.

Air yang terkumpul oleh Bendungan Waduk Sermo membentuk sebuah danau luas yang berpagar bukit-bukit hijau di sekelilingnya. Air dari waduk ini mengairi sistem irigasi di beberapa wilayah yang saling terhubung. Kecanggihan Waduk Sermo tak hanya pada fungsinya, namun juga pada bangunan bendungan utamanya. Bendungan ini tersusun dari batu dengan zonasinya masing-masing dan bagian inti yang kedap air. Bangunan raksasa ini memiliki ketinggian nyaris 60 meter, panjang 190 meter, dan lebar 8 meter. Ditambah dengan elevasi dari permukaan tanah sekitarnya, bendungan utama Waduk Sermo ini tampak begitu megah.

Source https://dolandolen.com https://dolandolen.com/travel-directory/bendungan-waduk-sermo/
Comments
Loading...