Bendungan Pice Bangka Belitung

0 73

Lokasi Bendungan Pice

Bendungan Pice terletak di Lenggang, Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Bendungan Pice

Meskipun secara fisik Bendungan Pice masih terlihat baik, namun pintu-pintu airnya tidak lagi bisa dioperasikan, sehingga tidak mampu secara optimal mengairi jaringan irigasi Selinsing yang luasnya mencapai 4.388 ha. Rencana revitalisasi Bendungan Pice ini tampaknya tengah dibicarakan oleh pemda setempat. Papan nama dari dinas pekerjaan umum di tepian Bendungan Pice yang memberi informasi bahwa bendung ini nama resminya adalah Bendung Pice Besar, yang artinya ada bendung lain yang namanya Bendung Pice Kecil, dan memang benar ada. Tulisan mengenai Bendung Pice Kecil, atau Bendung Pice Kecik / Pice Kecit bisa dibaca di sini.

Lalu bahwa Bendung Pice Besar ini dibangun mulai 1933 s/d 1936. Informasi ini membantu, karena situs yang menulis tentang Bendungan Pice memberi informasi yang berbeda-beda tentang kapan bendung ini dibuat. Data lainnya adalah luas bendung 140 m2, serta luas sawah yang diairi oleh Bendungan Pice ini. Tidak ada data pada tengara mengenai panjang bendungan, namun diperkirakan sekitar 50 m.

Jalur jalan di atas Bendungan Pice yang cukup untuk berpapasan dua orang. Motor pun mestinya bisa melaluinya, meskipun sepertinya tidak diperbolehkan, karena tidak ada satu pun motor terlihat lewat selagi saya berada di sana.

Source Bendungan Pice Bangka Belitung Bangka Belitung
Comments
Loading...