Bendungan Pasar Baru Sungai Cisadane Tangerang

0 253

Lokasi Bendungan Pasar Baru Sungai Cisadane

Bendungan Pasar Baru Sungai Cisadane terletak di Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci Kota Tangerang, Banten.

Bendungan Pasar Baru Sungai Cisadane

Bendungan Pasar Baru Sungai Cisadane dibangun pada masa penjajahan kolonial Belanda ditahun 1927 s/d tahun 1930 dan dioprasikan pada tahun 1930, direncanakan untuk mengairi area pesawahan seluas 40.663 Ha, meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kabupaten Serang dan DKI.

Seiring dengan lajunya derap pembangunan, sebagian area irigasi beralih fungsi, dan hasil inventarisasi tahun 2004 luas area potensial : 22.33 Hektar, usulan peluasan luar area Dl, kewenangan pusat Dl, cisadane menjadi luar area 22.441 Hektar.

Bendung pasar baru irigasi cisadane, merupakan bendung yang dilengkapi dengan 10 pintu bergerak yang lebar masing-masing pintunya 10M, bending ini selain untuk mengairi area pesawahan juga sebagai pengendali banjir, industri, air minum, dan penggelontaran ke kota Jakarta.

Bendung gerak pasar baru irigasi cisadane adalah bangunan utama dari system jaringan irigasi yang sumber airnya berasal dari sungai cisadane, Nomor : 171 Tahun 2001 tentang Pembentukan, susunan organisasi dan tata kerja, balai pengelolaan sumberdaya air dan pemukiman provinsi banten, pengelolaannya ditandatangani oleh balai PSDA wilayah Sungai Cidurian, Cidasane. Bendungan gerak ini bendungan yang sangat bersejarah karena dibuat pada jaman pejajahan Kolonial Belanda.

Source http://lab-ane.fisip-untirta.ac.id/ http://lab-ane.fisip-untirta.ac.id/2016/03/bendung-pasar-baru-sungai-cisadane/
Comments
Loading...