Bendungan Lodoyo

0 283

Bendungan Lodoyo

Bendungan yang lebih dikenal dengan nama Bendungan Serut ini sebenarnya memiliki nama resmi Bendungan Lodoyo. Bendungan Serut atau Lodoyo dibangun pada tahun 1982. Bendungan ini adalah tipe bendungan gerak, memiliki kapasitas tampungan efektif 5,0 x 106 m3 dengan luas daerah genangan 0,94 km2. Selain memiliki fungsi utama sebagai pembangkit listrik tenaga air, pengatur debit air atau afterbay PLTA Wlingi Raya, pengendali banjir, dan budidaya perikanan, bendungan ini juga dikembangkan menjadi destinasi wisata dengan tajuk Taman Wisata Bendungan Lodoyo.

Taman Wisata Bendungan Lodoyo berada di utara instalasi bendungan, secara administratif masuk dalam wilayah Desa Gogodeso, Kec. Kanigoro, Kab. Blitar. Taman Wisata Bendungan Lodoyo berada dibawah pengelolaan Perum Jasatirta. Taman ini didesain sedemikian rupa sehingga memiliki view yang luas ke arah waduk dan bendungan. Di tepi waduk terjajar sejumlah gazebo yang dapat digunakan para traveler untuk bersantai sembari menikmati keindahan waduk dan sekitarnya.

Sebagaimana umumnya sebuah taman, pada Taman Wisata Bendungan Lodoyo ini terdapat berbagai macam tanaman dan pepohonan. Pohon-pohon yang rindang membuat suasana disekitar taman menjadi sejuk. Sedikit bergeser ke timur namun masih berada dalam kawasan Taman Serut, terdapat wahana air berupa kolam renang. Kolam renang ini sederhana namun tertata dengan rapi.

Bergeser ke luar taman wisata para traveler dapat memacu adrenalin dengan menyeberangi Bendungan Serut. Jika dipandang dari taman wisata, suasana waduk memang cukup tenang. Namun beda ceritanya jika melintas di atas bendungan. Dari atas bendungan para traveler dapat menyaksikan pertujukan air yang memukau. Pertunjukan tersebut berasal dari air buangan bendungan yang menggelegar menghantam talut. Sedikit ngeri namun membut penasaran. 😀

Letak Bendungan Serut cukup strategis karena berada tak jauh dari Kawasan Wisata Kampung Coklat. Dari Kampung Coklat lurus ke timur (ke arah Sutojayan), sampai perempatan setelah SDN Darungan 1 belok ke kiri. Ikuti jalan hingga menyeberangi jembatan. Selepas jembatan ada perempatan, belok ke kanan. Ikuti jalan hingga keluar perkampungan, perhatikan kiri jalan maka akan terlihat portal masuk ke Bendungan Serut. Ayo bagi para traveler yang sedang atau berencana ke Kampung Coklat, jangan lupa mampir ke Bendungan Serut. Rasakan sensasi wisata Blitar yang unik dan menantang.

Source https://travellersblitar.com https://travellersblitar.com/bendungan-serut-taman-wisata-bendungan-lodoyo-blitar/
Comments
Loading...