Bendungan Katulampa Bogor

0 78

Bendungan Katulampa

Bendungan Katulampa dibangun pada tahun 1889, tapi baru mulai beroperasi pada tahun 1911. Dibangun sejak adanya banjir besar yang melanda Jakarta pada 1872. Banjir saat itu membuat daerah elit Harmoni ikut terendam air luapan Ciliwung. Bendung Katulampa ini fungsi utamanya adalah untuk irigasi pertanian di wilayah Bogor. Selain itu, karena posisi Bendung Katulampa berada di pertengahan antara Puncak dan Kota Bogor, maka bendung tersebut juga menjadi alat pengukur dan peringatan dini mengenai ketinggian air Sungai Ciliwung, untuk diketahui warga di daerah hilir sungai, seperti di Manggarai dan Depok. Keberadaan Bendung Katulampa menjadi sangat vital untuk mengetahui informasi mengenai ketinggian air, khususnya pada saat hujan mengguyur Bogor dan kawasan Puncak.

Sampai 1990, areal persawahan di Bogor dan Jakarta masih banyak, yakni sekitar 2.400 hektar. Namun kini sawah hampir habis. Hanya Bogor dan Cibinong yang masih memiliki sekitar 70 hektar. Jakarta sama sekali habis. Sehingga fungsi irigasi Bendung Katulampa bisa dikatakan sudah berakhir, akibat punahnya areal persawahan di Bogor dan Jakarta. Praktis, fungsi utama Bendung Katulampa pun bergeser, dari irigasi menjadi pengukur dan peringatan dini akan datangnya banjir.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2015/04/19/wisata-sejarah-di-bogor-jawa-barat/
Comments
Loading...