Bendung “Pintu Air Sepuluh” Pasar Baru Cisadane

0 119

Bendung “Pintu Air Sepuluh” Pasar Baru Cisadane

Bendung Pasar Baru Cisadane atau dikenal juga sebagai Pintu Air Sepuluh adalah pintu air yang dibangun untuk membendung aliran air Sungai Cisadane. Bendungan air tersebut digunakan untuk mengaliri area persawahan di sekitarnya.

Sesuai dengan julukannya, bangunan bendungan penahan air ini memiliki sepuluh pintu air yang terbentang sepanjang 125 meter. Di sepanjang bangunan, terdapat konstruksi rel dan lori yang digunakan untuk mengganti pintu air apabila terjadi kerusakan.

Pintu air ini dibangun pada tahun 1927 dan selesai pada tahun 1930. Hingga saat ini, Pintu Air Sepuluh berada dalam perawatan dan pengawasan Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang.

Saya mencoba untuk mengambil gambar bendungan dari sebelah barat pintu air. Lokasi di sebelah barat ini telah banyak mengalami perubahan, ditandai dengan adanya pos dan penyaring air yang tampak sudah mulai rusak.

Terus terang saja, penyaring air tersebut agak mengganggu pemandangan. Selain rusak, banyak sekali sampah yang mengendap, serta agak menutupi pemandangan pintu air dari sisi barat (maklum, saya tidak pakai drone). Alhasil saya mengambil gambar benar-benar dari atas jalan penyaring air tersebut dengan resiko kehilangan benda apa pun yang terjatuh ke bawah.

Source https://medium.com https://medium.com/marcapada/pintu-pintu-tangerang-ddb4af373d0f
Comments
Loading...