Bekas Toko Emas, Formasi Gedung Kembar Malang

0 33

Bekas Toko Emas, Formasi Gedung Kembar

Bangunan Kantor Commonwealth Bank di sudut Jalan Basuki Rachmat-Jalan Semeru pernah jadi ikon Kota Malang paling khas selain Jalan Ijen. Karena arsitekturnya kembar dengan bangunan di sisi utaranya, warga pernah menyebut sebagai gedung kembar. Setelah dibangun pada tahun 1936, gedung yang kini ditempati Commonwealth Bank merupakan toko emas Juwelier Tan. Di seberangnya atau di sisi utara kala itu difungsikan sebagai toko buku Boekhandel Slutter-C.C.T van Dorp Co yang kemudian berganti menjadi Toko Rajabally.

Dua gedung tersebut memang didesain kembar oleh arsitek Karel Bos yang baru saja memiliki anak kembar. Di bagian atas, terdapat juga menara pada masing-masing atap bangunan. Pembangunan gedung kembar tersebut sebagai bagian dari pengembangan wilayah Kayutangan dan sekitarnya. Pengurus Heritage Kampung Kayutangan, Sri Mulyati mengungkapkan Kayutangan merupakan jalur utama transportasi pada masa kolonial Belanda.

Ada beberapa kejadian yang menggunakan akses Kayutangan sebagai jalan utama antara lain, prosesi penyerahan kekuasaan Belanda kepada Jepang pada tahun 1942. Sebelumnya, pada tahun yang sama, sekutu Belanda menyerah kalah di Laut Jawa.

Keberadaan bangunan kembar dengan toko emas Juwelier Tan semakin meneguhkan kawasan Kayutangan sebagai pusat perekonomian dan perdagangan. Apalagi, pada masa tersebut, kawasan Kayutangan juga sempat menjadi tempat tinggal orang Eropa.

Seiring berjalannya waktu, Toko Emas Juwelier Tan berpindah tangan. Tak diketahui secara persis siapa pemiliknya, sempat menjadi kantor Bank Artha Niaga Kencana kemudian beralih menjadi Commonwealth Bank. Sementara, pada sisi seberangnya, sempat digunakan sebagai Dunkin Donuts, kemudian menjadi Pitstop Pool & Cafe dan sempat ditempati oleh Rumah Makan Padang. Namun, saat ini, gedung tersebut kosong dan tak berpenghuni sehingga kurang terawat.

Source https://www.malang-post.com https://www.malang-post.com/berita/kota-malang/bekas-toko-emas-formasi-gedung-kembar
Comments
Loading...