Bekas Rumah Tinggal Cut Nyak Dien Sumedang

0 57

Bekas Rumah Tinggal Cut Nyak Dien

Bekas rumah tinggal Cut Nyak Dien terletak di Kampung Kaum Kelurahan Regol Wetan, tepatnya sekitar 100 meter sebelah barat Masjid Agung Sumedang atau Jalan Pangeran Suriaatmadja, Nomor 174 A, Lingkungan Kaum, Kelurahan Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.
Pemilik rumah panggung ini sebenarnya Kiyai Haji Ilyas dan istrinya Hajjah Solehah. Sekarang, rumah ini ditinggali cucu dan cicit Kiai Haji Ilyas, yakni Neng Aisyah (73) dan Nenden Dewi Rosifa (38) bersama anggota keluarga lainnya.
Di rumah tersebut, ada sebuah ruangan berukuran 3 x 5 meter yang menjadi kamar Cut Nyak Dien. Di kamar tersebut terdapat ranjang berukuran 2 x 2 meter. Selain itu, ada juga mesin jahit di dalam rumah tersebut. Cut Nyak Dien, nama pejuang wanita asal Aceh Barat ini dikenal luas sebagai pahlawan nasional yang gigih melawan penjajah Belanda sejak perang Aceh meletus pada 1873.
Bagi masyarakat Sumedang, Cut Nyak Dien tak sekadar pahlawan nasional, semasa tinggal di Sumedang selama dua tahun dari sejak kedatangannya pada 11 Desember 1906 hingga wafatnya pada 6 November 1908, Cut NYak Dien begitu dihormati dan dikagumi masyarakat Sumedang karena seorang hafidz Alquran, dan turut mensyiarkan Islam di tanah bekas kerajaan Sumedang Larang ini, dikenal sebagai Ibu Perbu atau Ibu Ratu dari Seberang dan dan Ibu Suci. Bagi masyarakat Sumedang, sosok Cut Nyak Dien merupakan sosok teladan, pribadi yang tangguh, penebar semangat pantang menyerah.
Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2016/01/11/wisata-sejarah-di-sumedang-jawa-barat/
Comments
Loading...