Bekas Rumah Meester Cornelis Senen

0 111

Bekas Rumah Meester Cornelis Senen

Gedung ini terletak di Jalan Bekasi Timur No. 73, Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur. Lokasi gedung ini berada di samping Pasar Akik atau berseberangan dengan Stasiun Jatinegara. Menurut catatan sejarah yang ada, gedung ini berdiri di atas lahan milik Meester Cornelis Senen yang pertama kali mengembangkan daerah tersebut.

Ketika seorang guru agama Kristen yang berasal dari Pulau Lontar, Banda, Maluku, Meester Cornelis Senen, merintis dan mengusahakan tanah di daerah tersebut atas izin Pemerintah Hindia Belanda.

Tambahan kata Meester untuk Cornelis Senen merupakan penghargaan masyarakat setempat akan pengabdiannya sebagai pengajar Injil, sehingga nama Cornelis Senen jadi sering dipanggil dengan Meester Cornelis. Di situ, Meester Cornelis juga diangkat sebagai penguasa setempat di daerah tersebut oleh Pemerintah Hindia Belanda.

Awalnya, bangunannya belum semegah ini. Hanya semacam kediaman Cornelis Senen yang memiliki halaman begitu luas. Sepeninggal Cornelis Senen pada tahun 1661, riwayat penggunaan bangunan bekas kediaman Cornelis Senen tidak begitu jelas. Diperkirakan tetap menjadi kediaman penguasa setempat juga. Namun, sejak Herman Willem Daendels diangkat menjadi Gubernur Jenderal di Hindia Belanda dari 1808 hingga 1811, kediaman bekas milik Cornelis Senen ini dibangun atas perintahnya, menjadi sebuah gedung yang megah seperti sekarang ini.

Daendels mengubah rumah landhuizen milik Cornelis Senen ini dengan suatu gaya Empire Style yang berbau Prancis. Gaya tersebut kemudian terkenal dengan sebutan Indische Empire Style, yaitu suatu gaya arsitektur Empire Style yang disesuaikan dengan iklim, teknologi dan bahan bangunan setempat. Setelah selesai, gedung tersebut digunakan tetap diperuntukkan bagi kediaman penguasa setempat atau Wedana.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2019/03/wisata-sejarah-di-jakarta-timur/
Comments
Loading...