Bekas Residentie van MIX Oil, Rangkasbitung, Lebak, Banten

0 108

Bekas Residentie van MIX Oil, Rangkasbitung, Lebak, Banten

Pernah dengar tentang Pabricken MIX Oil di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak di Provinsi Banten? Pada masa kolonial Belanda, pabrik minyak ini pernah mencapai masa kejayaannya, bahkan mempunyai gudang tersendiri di area stasiun kereta api Rangkasbitung. Di masa lalu, pabrik dilengkapi dengan kantor dan rumah dinas pegawai pabrik. Namun saat ini yang tersisa dari kebesaran nama Pabricken MIX Oil hanya beberapa bangunan yang tidak terawat.

Salah satu bangunan tinggalan Pabricken MIX Oil yakni bangunan rumah tinggal yang terletak di Jalan Sunan Giri, Rangkasbitung. Bangunan ini sangat tidak terawat. Dahulu bangunan ini merupakan salah satu rumah tinggal yang ada di area pabrik MIX Oil PT Semarang. Bangunan berdenah persegi, dengan atap berbentuk limas. Penutup atap berupa genteng tanah liat yang sebagian sudah dilepas.

Di depan bangunan ini terpasang papan informasi yang menegaskan bahwa bangunan tersebut merupakan cagar budaya. Semoga ke depan, pemasangan papan informasi tersebut dapat ditindaklanjuti dengan upaya pelestarian bangunannya. Sehingga generasi muda di Rangkasbitung bangga bahwa kotanya di masa lampau mampu mensuplai minyak ke berbagai daerah di nusantara.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/bekas-residentie-van-mix-oil-rangkasbitung-lebak-banten/
Comments
Loading...