Bekas Kantor Kawedanan Ciparay Bandung

0 197

Lokasi Bekas Kantor Kawedanan Ciparay

Bekas Kantor Kawedanan Ciparay terletak di Jl. Paledang, Kelurahan Manggungharja Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Bekas Kantor Kawedanan Ciparay

Kawedanan Ciparay merupakan salah satu dari enam kawedanan yang pernah didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda di wilayah Bandung. Enam kawedanan tersebut yaitu kawedanan Padalarang, Lembang, Soreang, Ujungberung, Cililin, dan kawedanan Ciparay. Bekas kantor kawedanan Ciparay saat ini dipakai sebagai kantor kecamatan Ciparay.

Bekas kantor kawedanan Ciparay terdiri dari beberapa unit bangunan. Salah satu bangunan yaitu bangunan yang berada di sisi kanan bangunan utama, memiliki atap berbentuk piramida. Bangunan ini dikelilingi oleh dinding kaca di bagian atas, sedangkan dinding bagian bawah dilapisi masonry atau batu ekspose. Bangunan lainnya adalah bangunan dengan atap berbentuk pelana, yang berada di sisi kiri atau barat bangunan utama.

Satu hal yang menarik di kawasan kantor camat Ciparay ini adalah pola atau tata letak komponen-komponen bangunan yang berada di kawasan ini. Terlihat bahwa pengaruh tata kota Islam yang pernah berkembang di Pulau Jawa juga diterapkan di kawasan bekas kantor kawedanan Ciparay. Komponen bangunan dan letaknya dalam tata kota Ciparay adalah sebagai berikut: alun-alun sebagai sentral kota, kawedanan Ciparay berada di sebelah selatan alun alun, masjid di sebelah barat alun-alun, dan pasar di sebelah utara alun-alun.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/2016/10/14/bekas-kantor-kawedanan-ciparay-kabupaten-bandung/
Comments
Loading...