Bekas Kantor Central Listrik di Kupang

0 27

Bekas Kantor Central Listrik di Kupang

Bekas Kantor Central Listrik di Kupang, kini Gedung PT. Sulung Budi adalah salah satu gedung tua peninggalan Belanda yang ada di Kota Kupang. Arsitektur gedung ini digambar oleh Proklamator dan Presiden Pertama RI Ir. Soekarno ketika dibuang di Ende oleh Belanda pada 14 Januari 1934 – 18 Oktober 1938. Lokasi Gedung: Jl. Siliwangi No. 1 Kampung Solor-Kupang.

Mungkin tidak semua warga yang menetap di Kota Kupang dan Nusa Tenggara Timur pada umumnya terutama generasi 1990-an ke atas yang tertarik atau mengenal sejarah gedung-gedung tua peninggalan Belanda, monumen dan patung di Kupang, salah satunya adalah Eks. Kantor Central Listrik Kupang, kenangan dari Bung Karno ketika dibuang di Ende-Flores oleh Belanda sejak 14 Januari 1934 – 18 Oktober 1938. Sudah sepantasnya gedung Eks. Kantor Central Listrik Kupang yang didesain oleh Bung Karno ini dicatat secara resmi sebagai salah satu Cagar Budaya agar mendapat perlindungan dari negara sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Source https://wilsontherikfile.wordpress.co https://wilsontherikfile.wordpress.com/2016/02/27/kenangan-dari-bung-karno/
Comments
Loading...