Bekas Istana Raja Dompu

0 28

Bekas Istana Raja Dompu

Bekas Istana Raja Dompu  merupakan salah satu salah satu peninggalan purbakala  (bangunan cagar budaya) yang terdapat di  Kabupaten Dompu.  Bangunan bekas Istana Raja Dompu ini terletak di pinggir jalan raya (Jalan Ir. Soekarno) tepatnya di Kelurahan Karijawa, Kecamatan Dompu. Bekas Istana Raja Dompu adalah rumah kediaman keluarga Sultan Dompu setelah pindah dari tempatnya yang terdahulu, yaitu dari lokasi Masjid Baiturahman sekarang. Disamping sebagai rumah kediaman keluarga Sultan, bangunan bekas Istana Raja Dompu dahulunya  juga difungsikan sebagai tempat penerimaan tamu, baik dari keluarga Sultan maupun tamu-tamu lain yang berkunjung untuk dapat melihat koleksi peninggalan Kesultanan Dompu.

Bangunan bekas Istana Raja Dompu ini merupakan bangunan yang keseluruhan strukturnya terbuat dari bahan kayu dan berbentuk rumah panggung. Bangunan ini direncanakan sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai tempat kediaman Sultan Dompu dan tempat peneriamaan tamu-tamu Kesultanan Dompu dan juga untuk penerimaan tamu-tamu yang berkunjung untuk melihat-lihat koleksi peninggalan Kesultanan Dompu. Berdasarkan atas asas pemikiran di atas maka bekas Istana Raja Dompu dalam penataan ruangnya di bagi menjadi enam ruangan dan satu ruangan loteng di bagian atas.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/2018/03/07/laporan-studi-teknis-arkeologi-bekas-istana-raja-dompu/
Comments
Loading...