Bekas Istana Kerajaan Inderapura

0 23

Bekas Istana Kerajaan Inderapura

Kerajaan Inderapura merupakan salah satu kerajaan di Ranah Pesisir Minangkabau. Secara historis kerajaan ini masih memiliki hubungan dengan Kaum Rumah Gadang Mandeh Rubiah di Lunang serta dengan Kerajaan Pagaruyung di Tanah Datar. Dalam beberapa cerita di masyarakat ada yang mengatakan kalau kerajaan Inderapura berada dibawah kekuasaan pagaruyung, tetapi sampai saat ini tidak satupun bukti yang dapat membuktikan Kerajaan Inderapura ini tunduk kepada Kerajaan Pagaruyung. Situs Kesultanan Inderapura terletak di wilayah pesisir barat Sumatera, tepatnya di perbatasan Sumatera Barat dan Bengkulu sekarang. Pusat kekuasaannya berada pada wilayah muara sungai yang sekarang juga bernama Inderapura, Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan. Di ujung sungai ini mengarah ke laut dengan muara yang lebih lebar dan merupakan pertemuan dua buah muara sungai, yaitu Muara Sakai dan Muara Bantaian yang mengalir dari Air Haji.

Bangunan istana kerajaan Indrapura tersebut sekarang sudah tidak ada lagi. Kerajaan ini dirobohkan karena tidak layak lagi untuk dipakai. Sisa-sisa bangunan yang masih ada tinggal berupa satu buah meriam, fondasi, bekas tangga. Dan dapur Sisa-sisa fondasi istana membentuk denah empat persegi panjang berukuran 28 x 18 meter. Bekas tangga pintu masuk berada dibagian muka sebanyak dua buah (sepasang). Tangga ini terbuat dari dari batu berlepa semen, berukuran lebar 1,6 meter, tinggi 95 cm, tebal dinding 15 cm. Pada bagian atas terdapat 5 dan pada bagian bawah terdapat dua undak. Kerajaan ini memiliki delapan kamar, empat kiri dan empat kanan.4 Pada sebelah barat bekas tangga pintu masuk sebelah barat terdapat sebuah meriam yang dahulu milik kerajaan. Meriam tersebut berada dalam cungkup perlindungan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Pesisir-Selatan.pdf
Comments
Loading...