Bekas HIS atau SMPN 10 Tegal

0 27

Bekas HIS atau SMPN 10 Tegal

Bekas HIS (Hollandsch Indlandsche School), sekarang bernama SMPN 10 terletak di Jl. Kartini, Kelurahan Mangkukusuman, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah, diperkirakan HIS Tegal didirikan tahun 1917.

Pelaksanaan Politik Etis (Etische Politiek) sebagai hasil gagasan Theodore Conraad van Deventer dan direspon oleh pemerintah kolonial di Belanda tahun 1901, memberikan angin segar bagi penerapan kebijakan pendidikan modern. Pemerintah mengambil alih pendidikan yang sebelumnya dikelola oleh kelompok misionaris atau komunitas tertentu.

Meski dengan terbatas, pembangunan pendidikan era Politik Etis menghasilkan tingkatan pendidikan yang hasilnya oleh pemerintah kolonial digunakan untuk mengisi kebutuhan birokrasi kolonial modern. Etis pendidikan telah menghasilkan kaum elite terpelajar sebagaimana Robert van Niel menyebutnya untuk menggantikan elite lama yang merupakan kaum priyayi.

Di Tegal sendiri sudah berdiri beberapa lembaga pendidikan yang dikelola ulama seperti pondok pesantren K.H Muklas di Panggung dan sekolah THHK (Tiong Hoa Hwe Koan) yang dikelola warga keturunan Tionghoa.

Pendirian sekolah hasil kebijakan Politik Etis di Tegal diperuntukkan untuk warga Eropa atau Indo, elite pribumi serta masyarakat umum. Sekolah yang diperuntukkan untuk masyarakat umum diantaranya adalah Volkschool dengan bahasa pengantar bahasa Melayu. Dari Volkschool, bisa dilanjutkan ke Vervolkschool. Adapula sekolah yang disebut Eerste school dan Twedee school.

Sedangkan sekolah yang menggunakan bahasa pengantar Belanda diantaranya Hollandsch Indlandsche School (HIS), Meer Uitgebreid Laager Onderwijs (MULO) serta Algmenee Middelbare School (AMS). HIS merupakan sekolah setingkat SD sekarang ini, MULO setingkat jenjang SMP sedangkan AMS setingkat SMA.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2018/06/wisata-sejarah-di-kota-tegal-jawa-tengah/
Comments
Loading...