Bekas Benteng Pekalongan (Fort Peccalongan)

0 92

Bekas Benteng Pekalongan (Fort Peccalongan)

Bekas Benteng Fort Peccalongan terletak di Jl. Rajawali 1 Pekalongan, Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, dengan luas tanah Benteng Pekalongan 7.435 meter persegi dengan luas bangunan 1.720 meter persegi.

Benteng ini didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1753 sebagai tempat penyimpanan senjata. Benteng ini lebih tua dari benteng  Vedreburg (1765) yang ada di kota Jogjakarta.

Benteng ini dibangun untuk mengawasi pelabuhan yang ada di Krapyak. Kapal-kapal yang masuk lewat pelabuhan dan masuk melalui Kali Loji akan mudah terawasi oleh pasukan VOC dari benteng. Benteng juga untuk mengawasi hutan yang masih rimbun di sebagian besar wilayah Pekalongan saat itu.

Tidak berfungsinya benteng terjadi pada 1799, ketika VOC dinyatakan bangkrut kemudian beralih tangan kepada pemerintah Hindia Belanda. Sejak 1950 Benteng Pekalongan difungsikan menjadi lapas (LP II). Kemudian, berdasarkan surat dari Kementerian Kehakiman 1985, LP II berubah fungsi menjadi rumah tahanan.

Jejak bekas benteng ini terletak di salah satu sudut belakang rumah tahanan Pekalongan, hanya satu bagian ini saja yang masih tersisa dari sebuah benteng. Benteng ini pun digunakan sebagai salah satu simbol yang ada yang terdapat pada logo kota Pekalongan.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2018/06/wisata-sejarah-di-kota-pekalongan-jawa-tengah/
Comments
Loading...