Batu Purbakala Watu Bahan Pekalongan

0 106

Batu Purbakala Watu Bahan

Batu Purbakala Watu bahan terletak dikawasan Perhutani di Kecamatan Doro bagian selatan di Desa Lemah abang, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, diperkirakan peninggalan Mataram Kuno abad 9 atau 10 Masehi.

Jika anda ingin berkunjung ke wisata batu purbakala watu bahan. Kalian bisa menuju arah Pasar doro kebarat. Ada balai desa doro rejo, lalu belok kiri kemudian silahkan tanya warga sekitar pasti mereka mengetahui tentang wisata batu purba watu bahan pekalongan.

Batu – batu di wisata watu bahan terlihat dalam keadaan sudah berbentuk dan tertata- rapi, seakan batu-batu ini sudah dipahat dan disusun. Namum sebenarnya batu-batu tersebut sudah sejak dulu kala berbentuk seperti itu. Oleh sebab itu, kemudian masyarakat sekitar menamakan curug ini dengan sebutan Watu bahan yang berasal dari kata watu (batu) bahan (bahan baku). Batu – batu di tempat ini seperti sudah tersusun di curug. Batu – batu tersebut dulunya seakan sudah di persiapkan dan akan digunakan sebagai bahan bangunan.

Watu bahan merupakan batu yang berbentuk persegi yang tertata membentuk tebing, batu ini terlihat seperti batu peninggalan purbakala, Wisata Watu Bahan memiliki keunikan karena ditempat tersebut banyak batu yang berbentuk persegi enam dan persegi panjang. Batu tersebut menyerupai hebel atau balok yang telah tertata secara bertumpuk tumpuk sehingga membentuk tebing batu yang unik dan indah. Susunan batu tersebut konon telah tersusun sejak ratusan tahun yang lalu. Susunan batu yang membentuk tebing tersebut panjangnya mencapai ratusan meter dan tingginya kira – kira mencapai puluhan meter.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2018/06/wisata-sejarah-di-kabupaten-pekalongan-jawa-tengah/
Comments
Loading...