situsbudaya.id

Batu Hobon Sumatera Utara

0 66

Lokasi Batu Hobon

Batu Hobon terletak di Sarimarrihit, Sianjur Mula Mula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara 22396.

Batu Hobon

Batu Hobon merupakan warisan budaya bagi masyarakat Suku Batak. Batu Hobon diriwayatkan sebagai tempat bermukimnya Raja Batak. Dikisahkan para tetua adat dan orangtua Suku Batak pula bahwa Batu Hobon konon merupakan karya cipta Raja Uti. Seperti diketahui Raja Uti merupakan cucu Si Raja Batak dari anak pertamanya, Guru Tatea Bulan.

Batu Hobon dipercaya sebagai tempat sakral. Di dalamnya termuat harta pusaka, alat musik, dan kitab berisi ajaran leluhur dan falsafah Batak. Batu ini diberi nama dengan bahasa Batak yang berarti hobon itu peti. Batu ini berdiameter sekitar satu meter dengan bagian bawah memiliki rongga. Diperkirakan di bawah batu ini adalah sebuah lorong yang akan membawamu ke suatu tempat atau bisa dibilang sebuah gua. Dan bagi orang Batak sendiri tempat ini adalah tempat yang sakral.

Maka diadakanlah sebuah upacara sakral di tempat ini dari jaman dahulu sampai sekarang. Upacara yang diadakan di Batu Hobon ini bernama Tatea Bulan. Upacara ini diadakan bertujuan supaya dapat menghormati para leluhur suku Batak dan menerima pewahyuan dari nenek moyang mereka. Kamu akan beruntung jika bisa menyaksikan acara ini secara langsung.

Source https://www.lihat.co.id/ https://www.lihat.co.id/wisata/batu-hobon-pusuk-buhit.html
Comments
Loading...