Bangunan Tua Rumah Kapiten Sungai Pakning

0 75

Bangunan Tua Rumah Kapiten Sungai Pakning

Bangunan tua rumah peninggalan kapiten di jantung Kota Sungai Pakning tepatnya Jalan Sudirman Kelurahan Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu berpotensi menjadi situs atau objek wisata sejarah.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis melalui Sekretaris Nirmansyah. Diakuinya belum lama ini telah memantau langsung rumah bersejarah peninggalan kapiten tersebut.

Bentuk bangunan yang didirikan pada masa penjajahan Belanda ini memang terlihat kokoh hingga saat ini, terdiri dari konstruksi yang kuat, mulai dari beton, tiang dan atapnya yang bertuliskan bahasa Belanda, menandakan materialnya benar-benar dibangun pada zaman belanda.

Diceritakan Nirmansyah berdasarkan informasi dari masyarakat maupun keluarga Sang Kapiten yang kebetulan warga Tiong Hoa, bahwa rumah megah ini selalu digunakan Sultan Kerajaan Siak Sri Indrapura untuk menginap jika datang ke Bukit Batu.

Letak rumah kapiten yang berlokasi di tengah kota Sungai Pakning menurut Nirmansyah juga menjadi nilai tambah untuk dilestarikan karena mudah dijangkau oleh pengunjung.

Source http://www.infopublik.id http://www.infopublik.id/read/244485/bangunan-tua-rumah-kapiten-sungai-pakning-layak-jadi-situs-sejarah.html#
Comments
Loading...