Bangunan Tua Dan Bersejarah Eks Lapas Maros Dikontrakkan

0 22

Bangunan Tua Dan Bersejarah Eks Lapas Maros Dikontrakkan

Eks Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau lebih dikenal dengan nama Lembaga Lama dengan arsitektur bangunan kuno yang terletak di tengah Kota Maros sekian lama terabaikan dan luput dari perhatian pemerintah.

Asset milik pemerintah di jalan Lanto Dg. Pasewang yang punya nilai historis itu kini berubah menjadi tempat kontrakan beberapa kepala keluarga yang menempati bekas ruang tahanan yang difungsikan menjadi bilik kamar.

Sekitar 8 Kepala Keluarga bermukim di lembaga lama yang memiliki 20 ruang tahanan. Umumnya setiap Kepala Keluarga menempati dua bekas ruang tahanan.

Seorang penghuni kontrakan, Sujianto beberapa waktu lalu saat ditemui Maros Fm mengatakan dirinya menempati eks lapas itu tidak gratis. Setiap kepala keluarga dimintai uang listrik sebesar Rp. 300 ribu perbulan. Uang itu disetorkan ke petugas lapas yang juga menetap di eks Lapas Maros itu. Setoran tersebut diperuntukan pembayaran listrik dan biaya pemeliharaan. Sementara, gedung tersebut sudah rusak dan tidak pernah diperbaiki.

ini lebih dikuasi oleh pendatang luar Sulsel, yang berprofesi sebagai pedagang keliling. Padahal eks Lapas itu merupakan peninggalan sejarah yang harus dilestarikan. Namun saat ini sedikitnya ada 8 Kepala Keluarga yang bermukim di lapas yang memiliki 20 ruang tahanan. Umumnya setiap Kepala Keluarga menempati dua ruang tahanan.

Seorang penghuni Lapas lama, Sujianto saat ditemui mengatakan, mereka menempati eks lapas itu tidak gratis. Setiap kepala keluarga dimintai uang listrik sebesar Rp300 ribu perbulan. Uang itu disetorkan ke petugas lapas yang juga menetap di eks Lapas Maros itu. Setoran tersebut diperuntukan pembayaran listrik dan biaya pemeliharaan. Sementara, gedung tersebut sudah rusak dan tidak pernah diperbaiki.

Terkait hal itu, Kepala Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Sahabuddin Kilkoda mengatakan, pihaknya sama sekali tidak mengetahui adanya beberapa keluarga yang kontrak di gedung itu. Pemberian izin kontrak untuk aset Kemenkumham itupun tidak dibenarkan dalam aturan. Karena gedung dan lahannnya itu sepenuhnya milik pemerintah. Kecuali dia petugas Lapas, yang ditugaskan tinggal dan menjaga bangunan.

Source http://www.marosfm.com http://www.marosfm.com/2016/08/bangunan-tua-dan-bersejarah-eks-lapas.html
Comments
Loading...