Bangunan sepanjang Jalan Diponegoro Salatiga

0 60

Bangunan sepanjang Jalan Diponegoro

Bangunan sepanjang Jalan Diponegoro merupakan bangunan milik orang-orang kaya Eropa. Kendati demikian, bangunan-bangunan itu juga menjadi panggung para pengusaha memamerkan kekayaan. Dari para pemuja prestisius itu, maka tak mengherankan bila banyak bangunan yang berdiri di atas lahan luas dan bangunan menyerupai benteng.

Kemudian, yang kini banyak terjadi salah kaprah, yakni keberadaan bangunan yang kini digunakan sebagai Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Salatiga. Awalnya, bangunan ini dikenal dengan Benteng Hock lantaran bentuknya yang menyerupai benteng. Kendati demikian, berdasarkan penelitian lanjutan beberapa pegiat sejarah, bangunan itu murni merupakan rumah tinggal hartawan Eropa.

Nama Hock diambil dari sang arsitek bernama Mr Hock pada kisaran abad ke 19. Catatan yang memungkinkan, bangunan ini dibangun setelah periode perang Diponegoro (1825-1830). Kebijakan membuat bangunan mirip benteng pertahanan diperintahkan Hindia Belanda saat itu. Alhasil, Benteng Hock terinspirasi bangunan bergayabarrock dan art nouveau.

Source http://raffendraperkasa.blogspot.com http://raffendraperkasa.blogspot.com/2014/12/5-bangunan-sejarah-di-salatiga.html
Comments
Loading...