Bangunan Saoraja Bilokka

0 73

Bangunan Saoraja Bilokka

Saoraja Bilokka atau Rumah Istana Raja/ Bangsawan Bugis di Bilokka adalah rumah panggung milik Pabbicara Massepe ( Perwakilan Raja Massepe ) di kerajaan Sidenreng yaitu Andi Machmud ( Petta MatoaE ) dibangunsekitar abad ke -19 M.Saoraja Bilokka terletak di jalan Saoraja, kampung Bilokka, Kelurahan Bilokka, Kecamatan Panca lautang Kabupaten Sidenreng Rappang Propinsi Sulawesi-Selatan dengan berada di titik koordinat S 04.00.45,0, E 119.48.27.1 dan terletak di atas ketinggian dari permukaan laut yaitu 60 meter pdl. Orientasi letak rumah tersebut menghadap dari timur ke barat dan bagian depan rumah menghadap ke timur dengan model atap nersusun dua dengan ukuran rumah : panjang 24 meter, lebar 21 meter, tinggi sekitar 8 meter dan menempati lokasi 600 meter persegi dikelilingi oleh pohon asam yang usianya sudah puluhan tahun bahkan ada yang ratusan tahun.

Saoraja Bilokka merupakan bangunan yang menjadi sentral atau pusat dilaksanakannya segala kebijakan dari Addatuang Sidenreng dalam menjalankan pola pemerintahan pada masa itu. Saoraja tersebut juga dijadikan tempat berunding, nermusyawarah pada tokoh adat dan dewan adat, para pejuang dan beberapa petinggi kerajaan Sidenreng pada masa itu. Rumah tersebut dilengkapi beberapa ruang dan fasilitas layaknya sebuah rumah Raja, kemudian di bagian depan teras rumah tersebut terdapat ruang sel tahanan di sebelah kanan dan kiri yang diperuntukkan bagi orang yang melanggar hukum adat.

Source http://cagar-budaya-sidrap.blogspot.com http://cagar-budaya-sidrap.blogspot.com/search?updated-max=2016-04-07T17:41:00-07:00&max-results=1&start=16&by-date=false
Comments
Loading...