Bangunan Rumah Kolonial Sabang

0 99

Bangunan Rumah Kolonial Sabang

Di Kota Sabang sangat banyak terdapat rumah rumah peninggalan masa kolonial. Rumah rumah tersebut sampai sekarang masih dalam kondisi yang cukup terawat. Menurut data dari Dinas Budpar Kota Sabang, jumlah bangunan rumah peninggalan kolonial ada kurang lebih 180 buah. Bangunan bangunan tersebut masih difungsikan dnegan baik antara lain sebagai rumah tempat tinggal, toko, dan perkantoran pemerintahan.

Bangunan Bangunan peninggalan kolonial yang jumlahnya cukup banyak di kota Sabang merupakan aset yang harus kita jaga. Banyak permasalahan yang muncul adalah alih fungsi bangunan, alih kepemilikan, perubahan bentuk bangunan, penambahan bangunan lain. Dalam daftar inventarisasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kota Sabang, sebagian besar bangunan tersebut merupakan hak milik warga, sehingga warga merasa bahwa rumah tersebut adalah miliknya sehingga bebas untuk dilakukan apa saja.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbaceh/beberapa-cagar-budaya-di-kota-sabang/
Comments
Loading...