Bangunan Rumah Kolonial milik Liem Tjoe Hie Blora

0 164

Bangunan Rumah Kolonial milik Liem Tjoe Hie Blora

Rumah bergaya arsitektur cina ini sebelumnya milik Liem Tjoe Hie, berlokasi di Jl. Tentara Pelajar No. 26 Blora, Kelurahan Kunden, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora. Berdiri di atas lahan seluas ± 600 m², dengan luas bangunan ± 200 m². Bentuk atap bangunan ini adalah limasan, dengan bagian depan terbuat dari kayu, dan tembok untuk bagian belakang. Tata ruang bangunan terdiri dari pendopo depan atau ruang altar, kamar tidur di sebelah kiri dan kanan di bagian pendapa belakang dan dapur. Sampai saat ini belum pernah ada perubahan pada bangunan ini, dan masih terjaga keasliannya dengan baik. Rumah yang sekarang menjadi milik Hartanto D ini merupakan bangunan bersejarah dengan gaya arsitektur cina yang masih tersisa di Blora.

Ornamen yang paling menarik pada bangunan ini adalah tetap dipertahankannya pintu masuk yang biasa disebut regol dengan atap peneduh khas bangunan rumah cina. Peletakan pintu tersebut berada di tengah bangunan, dengan bentuk kupu tarung serta kusen kayu besar dan dua buah tonjolan kayu yang menjadi ciri khasnya. Pintu ini dilengkapi dengan pagar tembok yang dihiasi dengan roster dan pagar besi di atasnya.

Antara pagar dan bangunan utama, terdapat tanaman asri yang ditanam berbagai jenis tanaman bunga tropis. Bagian teras rumah, dilengkapi dengan perabot meubel yang memiliki nilai keantikan tinggi. Terdapat satu pintu masuk yang diapit oleh dua buah jendela. Dimana diantaranya diapit oleh kaca cermin kuno. Pintu utama tersebut berwarna cat coklat memiliki pintu kecil tambahan (sering disebut dengan pintu koboi) dengan tulisan cina besar, yang menyimbolkan permohonan baik.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2014/12/wisata-sejarah-di-blora-jawa-tengah/
Comments
Loading...