Bangunan Pambak Dan Tiang Sanggaran Rindoi

0 31

Bangunan Pambak Dan Tiang Sanggaran Rindoi

Bangunan Pambak dan Tiang Sanggaran Rindoi terletak di Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan. Sangat mudah sekali menujunya dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi dengan biaya relatif cukup murah. Jaraknya sekitar 85 km dari Palangka Raya, melalui ruas jalan menuju arah Sampit. Menurut lagenda yang ada bahwa sejak riwayat Kutat mengawini seorang puteri dunia gaib. Menurut cerita berasal dari Teluk Embak (dekat lokasi Danau Panggo) di desa Tumbang Panggo.

Sewaktu masa Tamanggung Jatang mereka sekeluarga pindah ke Kasongan Lama dan sejak itulah mereka menetap di sana. Karena di bawah kepemimpinannya yang baik, maka pemerintah Belanda menghadiahkan berupa bintang dan topi pet. Sekitar tahun, Ungas mengadakan upacara Tiwah ayahnya dan membangun Pambak serta sekaligus Tiang Sanggaran.

Source http://sejarahkalimantantengah.blogspot.com http://sejarahkalimantantengah.blogspot.com/search?updated-max=2012-06-24T12:01:00-07:00&max-results=7&reverse-paginate=true
Comments
Loading...