Bangunan Mirip Gereja, Masjid di Garut ini Sarat Sejarah Perjuangan

0 67

Bangunan Mirip Gereja, Masjid di Garut ini Sarat Sejarah Perjuangan

Saat melihat untuk pertama kalinya, orang mungkin tak akan mengira bahwa bangunan ini merupakan sebuah masjid. Bangunan masjid ini terdiri atas beberapa menara serta dilengkapi dengan sebuah kubah besar, khas bangunan Belanda.

Desain bangunannya juga hampir menyerupai bangunan sebuah gereja. Terdapat pintu utama yang berada persis di tengah-tengah bagian depan. Jika melihat bangunan ini secara sekilas, tak salah jika orang menyebutnya sebagai gereja atau sebuah bangunan tua Belanda.

Namun jangan salah, Masjid Cipari atau juga dikenal sebagai Masjid As-Syuro ini merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Selain itu desain bangunan Masjid Cipari ini juga mengadopsi gaya arsitektur barat yakni Art Deco. Hal itu tentunya semakin menambah keunikan masjid tersebut.

Meski begitu, keunikan masjid ini menyimpan sebuah sejarah perjuangan. Sebagaimana dilansir zonamasjid, masjid ini dijadikan sebagai basis perjuangan rakyat dan tentara. Selain itu masjid ini yang merupakan bangunan tua juga dijadikan tempat musyawarah bagi para ulama.

Lebih hebatnya lagi, masjid ini dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan oleh pejuang kemerdekaan dari serangan luar. Masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1895. Namun saat itu bentuk fisik masjid belum seperti saat ini, dan kondisinya masih sangat sederhana.

Kemudian, sepeninggal sang pendiri pesantren KH. Harmaen, pembangunan masjid ini kembali dilakukan dibawah pimpinan anaknya yaitu KH.Yusuf Tauziri pada tahun 1933.

Saat Ramadan, banyak warga berdatangan ke masjid ini. Tak hanya ibadah, mereka juga sambil ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa. Anda tertarik? kunjungi saja masjid yang terletak di Desa Cipari, Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut ini.

Source http://revolusi.co.id http://revolusi.co.id/Lifestyle/Bangunan-Mirip-Gereja--Masjid-di-Garut-ini-Sarat-Sejarah-Perjuangan
Comments
Loading...