Bangunan Mandapa di Candi Plaosan

0 66

Bangunan Mandapa di Candi Plaosan

Candi Plaosan kini banyak dikunjungi oleh masyarakat untuk beragam keperluan. Sebagian besar masyarakat mengunjungi Candi Plaosan dalam rangka rekreasi. Beberapa diataranya menggunakan Candi Plaosan untuk penelitian dan pegambilan foto prewedding, Candi yang terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten ini juga telah banyak menghiasi berbagai media sosial karena kecantikannya.

Berkunjung tanpa mengetahui cerita dibalik bangunan-bangunan yang berada di Candi Plaosan tentunya akan hampa rasanya. Setiap bangunan yang ada di Candi Plosan sangat unik. Salah satu bangunan yang menarik perhatian adalah bangunan terbuka yang ada disisi Utara komplek. Banyak pengunjung yang bertanya tentang bangunan ini.

Mandapa adalah sebutan dari bangunan ini. Konon pada masa sewaktu Candi Plaosan masih digunakan, bangunan ini digunakan sebagai tempat persiapan ritual. Bangunan Mandapa terletak di sisi utara bangunan utama utara. Bangunan mandapa berada di atas halaman I dan dikelingi oleh struktrur Pagar. Pada halaman II bangunan mandapa berdiri 78 buah Stupa Perwara yang kedudukan sebaris dengan Candi Perwara yang ada dihalaman II Candi Utama. Bangunan mandapa merupakan bangunan batur.

Bangunan ini tidak mempunyai tubuh dan atap seperti halnya candi utama Plaosan. Pada bangunan ini terdapat umpak-umpak batu sebagai penyangga tiang saka. Batu kulit bangunan mandapa berupa batu andesit, terutama bagian lantai dan sudut-sudut kaki candi. Dinding batur dan batu isian terbuat dari susunan batu putih.

Bangunan ini memiliki denah persegi panjang dengan ukuran panjang sisi barat/timur 22 meter dan sisi utara selatan 19 meter serta tinggi bangunan dari permukaan tanah 1,25 meter. Bangunan mandapa terdiri dari bagian kaki/pondasi, tangga masuk, lantai, dan dinding langkan berbentuk u. Dinding langkan berbentuk u merupakan tempat ditempatkannya arca-arca.

Bangunan mandapa merupakan salah satu ciri khas Candi Plaosan. Adanya struktur umpak dan susunan arca dapat memberi gambaran bentuk bangunan ini pada masa lalu. Bangunan mandapa dapat menambah keindahan dan keunikan Candi Plaosan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/bangunan-mandapa-di-candi-plaosan/
Comments
Loading...