Bangunan Belanda, Beratap Tinggi dan Memiliki Banyak Ventilasi

0 97

Bangunan Belanda, Beratap Tinggi dan Memiliki Banyak Ventilasi

Salah satu bangunan peninggalan zaman Belanda di Kota Tasikmalaya berada di Jalan Komarasari Kecamatan Tawang. Bangunan rumah ini terlihat sangat terawat dengan baik, walaupun tidak nampak pemilik rumah yang ada. Rumah tersebut masih berdiri dengan kokoh, tidak terlihat bahwa bangunan tersebut peninggalan zaman Belanda. Kondisi bangunan tersebut masih asli tanpa ada perubahan apapun.

Kepala Seksi Budaya dan Tata Nilai Sejarah Kota Tasikmalaya Yayan Sopiyan menceritakan kondisi dalam bangunan peninggalan zaman Belanda tersebut masih asli dan bagus. Semuanya masih terawat dengan baik. Lantai rumah masih menggunakan keramik zaman dulu yang dikenal kuat. Pondasi tembok dan kayu pun masih asli, sehingga rumah tersebut masih terlihat kokoh. “Masih bagusnya kondisi bangunan karena memang perawatan dari pemiliknya masih sangat bagus, hanya yang berubah dari segi warnanya saja,” bebernya kepada Radar.

Pemilik rumah sudah mengetahui kalau bangunan tersebut masuk dalam cagar budaya Kota Tasikmalaya, sehingga tidak ada perobahan pada bangunan tersebut. “Pemilik berjanji tidak akan mengubah bentuk bangunan dan akan merawatnya dengan baik,” katanya.

Ketua Komunitas Tasikmalaya Tempo Doeloe Hendar Cunay menceritakan ciri-ciri bangunan zaman kolonial mudah ditebak. Mulai dari pondasi yang kokoh, banyak jendela sebagai ventilasi, memiliki atap tinggi. “Desain bangunan tersebut memang ada fungsinya, sehingga udara yang masuk rumah banyak dan berdampak dengan kesehatan,” bebernya.

Saat ini banyak bangunan kuno di Kota Tasikmalaya mulai tidak diketahui keberadaan dan sejarahnya. Hal ini karena kurang perhatiannya dari pemerintah tempat atau bangunan yang memiliki nilai sejarah. “Kebanyakan saat ini rumah-rumah peninggalan zaman Belanda sudah dimiliki oleh perorangan, sehingga banyak pula bangunan yang sudah diubah bentuknya oleh pemilik tersebut,” paparnya. Kejadian ini sangat disayangkan karena nilai sejarah akan berubah jika bangunan sudah mengalami perubahan.

Source https://www.radartasikmalaya.com https://www.radartasikmalaya.com/bangunan-belanda-beratap-tinggi-dan-memiliki-banyak-ventilasi/
Comments
Loading...