Bangunan bekas gedung OSVIA Serang

0 166

Bangunan bekas gedung OSVIA

Bangunan ini terletak di Jalan Ahmad Yani, Serang. Semula bangunan ini merupakan gedung sekolah OSVIA (Opleidings School Voor Inlandsche Ambtenaren). Salah satu sekolah dengan jenjang tertinggi yang pernah ada di Banten sampai 1910 adalah OSVIA, yakni sekolah persiapan calon pamong praja. Sekolah jenis ini hanya ada enam di Indonesia, yaitu di Bandung, Magelang, Madiun, Blitar, Probolinggo, dan Serang. Dapat dikatakan bahwa OSVIA merupakan alat mobilisasi vertical bagi kaum pribumi untuk menduduki formasi birokrasi colonial.

Bangunan ini berdenah empat persegi panjang. Di bagian depan terdapat semacam portico yang menjorok keluar berjumlah tiga buah dengan gerbang melengkung. Atap bangunan berbentuk limasan yang memanjang dari timur ke barat. Pada bagian atap sisi tengah terdapat semacam hiasan berbentuk seperti bola, dan sebuah menara kecil segi empat dengan hiasan tiang kawat yang menunjuk ke semua arah mata angin. Atap bangunan tersusun dari konstruksi kayu dan genteng tembikar. Bekas bangunan sekolah OSVIA ini masih berdiri megah sampai sekarang dan difungsikan untuk kantor Kepolisian Resort Kabupaten Serang.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/bangunan-bekas-gedung-osvia-serang/
Comments
Loading...