Bangunan Baruga Sulawesi Tenggara

0 84

Bangunan Baruga

Bangunan Baruga berada di depan Masjid Keraton Kulisusu pada koordinat 04045’ 11,5” LS dan 123010’ 27,2” BT. Bangunan ini berbentuk rumah panggung dengan 20 tiang penyangga utama tanpa dinding dengan lantai yang bertingkat. Tingkatan pada lantai ini dimaksudkan untuk mengatur posisi duduk berdasarkan jabatan struktural pada Kerajaan Kulisusu. Atap pada bangunan sejak 2013 dibuat bertingkat, berbeda dengan sebelumnya yang dibuat tanpa tingkat.

Ukuran bangunan 6.10 x 6.10 m dan pada bagian dalamnya terdapat sekat yang berbentuk persegi lima dimana berfungsi sebagai tempat duduk para mancuana atau pemimpin kampung untuk mengadakan ritual meminta berkah. Kondisi bangunan terawat dan kontruksinya terbuat dari bahan kayu dan secara keseluruhan bangunan tidak lagi merupakan bangunan yang asli karena telah di pugar.

Berdasarkan cerita turun temurun di masyarakat Kulisusu, pada mulanya bangunan ini merupakan bangsal pembuatan perahu pada masa pra Islam.Setelah perahu selesai, bangsal inipun kemudian dijadikan tempat masyarakat bermusyawarah.Sampai saat ini, bangunan masih tetap difungsikan sebagai balai pertemuan tokoh masyrakat dan tokoh adat.Bangunan ini telah mengalami perbaikan oleh masyarakat dan terakhir pada 2013 di pugar oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Utara.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/445/
Comments
Loading...