Balla Kambara

0 69

Balla Kambara

Balla Kambara adalah istana Raja Kerajaan Tolo. Secara administrasi Balla Kambara terletak di Kelurahan Tolo, yaitu disisi kiri jalan poros Jeneneponto – Malakaji. Untuk sampai dilokasi dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat Balla Kambara atau yang dikenal oleh penduduk setempat dengan sebutan Ballana Karaeng Ajjia Dibangun sekitar tahun 1914 pada masa pemerintahan Raja Tolo I Patiala Karaeng Manyunru, setelah kepindahan pusat Kerajaan Tolo yang awalnya berada di Bonto Lebang.

Balla Kambara merupakan bangunan yang dibangun untuk tempat kediaman raja (istana) sekaligus tempat pertemuan para pembesar kerajaan, musyawarah dan tempat pelantikan raja-raja Tolo.

Ciri-ciri arsitektur Balla Kambara adalah berbentuk panggung yang terdiri dari dua bagian badan rumah. Tiang tengahnya berukir, jumlah tiang 92 buah, singkap (timpa laja) bersusun tiga yang merupakan simbol rumah bangsawan tinggi, jumlah anak tangga sebanyak 15 buah, orientasi rumah ke timur dan dinding bagian depan berukir. Bagian landasan rumah (umpak) terbuat dari batu kali, sedang bagian atasnya adalah seng. Ukuran badan rumah adalah 19 meter dan 20 meter.

Source http://obyeksejarahjepont.blogspot.com http://obyeksejarahjepont.blogspot.com/2016/09/bala-kambara.html
Comments
Loading...